Sabtu, 03 Maret 2012

Butuh Dukungan untuk Jadi Inovator atau Penemu?


Dukungan bagi peneliti dan calon penemu itu penting
Bisa bayangkan ngga, kalau sekarang ini gak ada listrik, gak ada lampu, gak ada laptop, dan gak ada Internet? Saya yang harusnya kerjaan sehari-hari ada di depan laptop, mungkin bisa jadi ganti halauan ternak sapi atau malah kelinci. Bayangkan kalau gak ada kendaraan seperti sepeda pancal, sepeda motor, mobil, atau pesawat. Kemana-mana bakal jadi perjalanan panjang.

Ini juga salah satu bentuk inovasi
Ya, tanpa inovasi yang telah diciptakan oleh berbagai penemu dunia, mungkin hidup ini akan tetap membosankan. Kapan bisa nonton TV? Kapan bisa sms-an? Kapan bisa mention-mentionan dan kode-kodean di timeline Twitter? Kapan bisa datang undangan komunitas lain dengan transportasi cepat? Kapan bisa baca blog saya ini? :p

Selain di luar negeri, sebenarnya di Indonesia sendiri ada banyak loh inovator yang luar biasa. Jangan bilang penemu itu harus bikin sesuatu yang “wah” banget. Semuanya dimulai dari sesuatu yang sederhana. Ada nama Tirto Utomo, orang yang pertama kali memproduksi dan menjual air putih dalam kemasan. Tahu AQUA ga? Ya dia ini dedengkotnya. Ada nama Satya Witoelar, orang yang membangun layanan sosial media pertama di dunia yang berbasis lokasi. Dan masih banyak nama lainnya.
Terkadang saya berpikir, bisakah saya jadi inovator seperti mereka?
Dari para ahli yang ngasih wejangan, sebenarnya siapa pun bisa jadi inovator kok, termasuk Anda. Tidak ada yang tidak mungkin selama Anda mau mencoba. Sedikit tip yang bisa jadi pegangan:
  1. Cari tahu apa hobi dan passion Anda, lalu tekuni secara serius dan mendalam.
  2. Cari masalah apa yang paling sering dipermasalahkan orang-orang di lingkungan Anda, tapi sampai saat ini belum ada solusinya.
  3. Pikirkan dan cari tahu, ide kreatif apa yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.
  4. Langsung action. Segera wujudkan ide tersebut menjadi sebuah inovasi baru.

    Sumber : http://blog.haqqi.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar